Embedded Sistem

 embedded-system-1_thumb[3]

Sebuah Embedded system adalah sistem komputer yang dirancang untuk melakukan satu atau beberapa fungsi khusus dengan komputasi real-time. Embedded sistem merupakan satu kesatuan dari perangkat yang lengkap termasuk hardware dan komponen mekanis, namun tidak seperti komputer yang umum, misalnya komputer pribadi (PC) yang dirancang untuk menjadi fleksibel dan untuk memenuhi berbagai kekeperluan. Embedded system digunakan untuk mengontrol perangkat sesuai dengan rancangan awalnya.

embedded-sys-4_thumb[7]
Embedded system dikendalikan oleh satu atau lebih prosesor yang biasanya berupa mikrokontroler atau Pengolah Sinyal Digital (Digital Signal Processing). Dirancang untuk menangani tugas tertentu, yang mungkin memerlukan prosesor yang sangat kuat. Misalnya, pengendalian lalu lintas udara, meskipun melibatkan komputer mainframe.
Karena embedded sistem didedikasikan untuk tugas-tugas tertentu, rancangannya dapat dioptimalkan untuk mengurangi ukuran dan biaya produk dan meningkatkan kehandalan dan kinerja. Beberapa embedded system diproduksi secara massal dengan pertimbangan dari skala ekonomi.

embedded-sys_thumb[1]
Contoh aplikasi dari embedded system diantaranya perangkat portable seperti jam digital dan MP3 player. Dan untuk aplikasi yang lebih besar misalnya seperti pengontrol lampu lalu lintas, pengontrol pabrik, atau sistem pengendalian pembangkit listrik tenaga nuklir. Kompleksitasnya bervariasi mulai dari yang sederhana  dengan satu chip mikrokontroler hingga aplikasi yang sangat rumit dengan beberapa unit, peripheral dan jaringan yang besar terpasang di dalam suatu wadah khusus.

Tag Technorati: {grup-tag}

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

author
Embedtronix
Build Your Embedded System. Belajar bareng ngoprek Microcontroller, Arduino, TPLink, GLiNet dan ilmu Microelectronic lainnya.