AVRDude GUI

AVRDude adalah sebuah aplikasi berbasis command line yang berguna untuk memprogram(downloader/uploader) mikrokontroler. Bagi yang tidak terbiasa dengan instruksi command line, mungkin aplikasi ini agak sedikit merepotkan, tapi tenang…, ada aplikasi pendukung dengan tampilan GUI yang akan membantu dan memudahkan penggunaan AVRDude ini.

AVRDUde GUI tersebut antara lain SinaProg dan AVR8 The Burn-O-Mat. Kedua aplikasi itu telah dilengkapi dengan fasilitas fuse-bit kalkulator.

1. SinaProg

SinaProg-1exp

  • untuk mengubah / menambahkan konfigurasi penulisan fuse bits, kita bisa meng-edit file "Fuse.txt"
  • jika menemukan masalah dengan parallel port pada Windows NT/2K/XP, solusinya cobalah dengan menjalankan file "install_giveio.bat" yang ada dalam folder SinaProg.
  • jika menemukan masalah saat menggunakan USBasp programmer, windows drivernya harus diupdate. Berikut link updatenya :  USBasp Driver 0.1.12.1( http://microstar.ir/download/USBasp_Driver_0.1.12.1.zip )

Download : SinaProg-AVRDudeGUI atau disini atau disini

2. AVR8 The Burn-O-Mat

AVR8BurnOmat-Logo

AVR8 The Burn-O-Mat merupakan aplikasi AVRDude GUI yang ditulis dalam Java, sehingga kita harus menginstal Java sebelum dapat menggunakan AVR8-Burn-O-Mat. Tapi jangan panik, Anda dapat men-download Java dengan gratis  disini:

http://java.sun.com

Untuk men-download AVR8 The Burn-O-Mat klik disini :

AVR8 Burn O Mat – AVRDude GUI

AVR8BurbOmat-1

Prosedur instalasinya cukup mudah, tinggal mengekstrak file zip kedalam direktori pilihan sendiri.
Selanjutnya sebelum menggunakan software ini, terlebih dahulu harus dilakukan pengaturan.

Untuk pengaturannya caranya adalah sebagai berikut:

  • Pilih menu Setting – AVRDUDE

AVr8BurnOmat-AVRDude-setting

  • Tentukan path untuk file avrdude.exe dan file avrdude.conf (kedua file ini ada dalam paket WinAVR, jika belum memilikinya silahkan klik disini atau disini)
  • Pilih jenis Programmer yang digunakan. Jika menggunakan AvirusPro, maka pilihlah siprog
  • Pilih Port yang dipergunakan
  • Klik OK

Berikut adalah daftar dengan mikrokontroler yang didukung:
ATmega8, ATmega16, ATmega32, ATmega64, ATMega128, ATmega48, ATmega88, ATmega168, ATmega162, ATmega8515, ATmega8335, ATmega164, ATmega324, ATmega644, ATmega169, ATmega329, ATmega3290, ATmega649, ATmega6490, attiny2313, ATtiny13, ATtiny25, ATtiny45, ATtiny85, ATtiny26

Untuk mikrokontroler yang belum terdaftar disini dapat ditambahkan dengan mudah. Semua informasi yang diperlukan (untuk AVR8-Burn-O-Mat) disimpan dalam file AVR8_Burn_O_Mat_Config.xml.

Selamat mencoba !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

author
Embedtronix
Build Your Embedded System. Belajar bareng ngoprek Microcontroller, Arduino, TPLink, GLiNet dan ilmu Microelectronic lainnya.